Alternatif Sambungan Bluetooth Dari Android Ke iPhone
Ilustrasi

Ada banyak pertanyaan terkait dengan masalah yang sering muncul pada iPhone (iOS). Khususnya mengenai transfer file melalui Bluetooth yang tidak bisa dilakukan pada perangkat lain. Dalam hal ini memang terdapat penjelasan dari pihak Apple, pasalnya fitur Bluetooth tersebut terdapat pembatasan sehingga tidak bisa digunakan untuk mengirim data.

Menurut logika,memang sangat mengherankan jika vendor sekelas Apple tidak bisa membuat Bluetooth yang bisa digunakan untuk mentransfer data dari iPhone pada perangkat lain dan sebaliknya. Akan tetapi, disini Apple memang dengan sengaja merancang fitur tersebut tidak mendukung transfer data.

Akan tetapi, semua pembatasan tersebut bisa dihilangkan dengan melakukan jailbreak pada iOS. Dengan begitu, fitur bluetooth pun bisa melakukan pengiriman file, baik itu dari android atau semua perangkat yang mendukung. Penjelasannya, dikarenakan jailbreak merupakan bentuk modifikasi pada fitur Bluetooth, tepatnya dengan menambahkan fitur transfer data.

Dari segi alasan, pembatasan fitur Bluetooth tidak lepas dari segi keamanan. Meski terbilang sangat canggih pada segi keamanan virus, namun iOS masih bisa dimasuki virus dari ponsel lain. Sedangkan dari sisi lain, Apple juga menjaga hak cipta dari file yang paling umum dilakukan pengguna. Seperti video, musik, dan lain-lain.

Pertanyaannya adalah : Bagaimana cara berbagi file antara iPhone dan Android? Tentu jawaban pertama dari pertanyaan ini sudah terjawab. Yakni dengan melakukan jailbreak atau memodifikasi fitur pengiriman file pada bluetooth. Atau bisa juga menggunakan alternatif aplikasi dari pihak ketiga.

Dalam hal ini pengguna bisa memanfaatkan SHAREit yang sudah tersedia di Appstore. Sehingga dengan sama-sama membuka aplikasi tersebut, antara ponsel iPhone dengan Android, bisa langsung melakukan transfer file dengan kecepatan yang lebih mumpuni.

Uniknya SHAREit ini juga tersedia pada versi PC, sehingga secara tidak langsung bisa menghubungkan semua perangkat untuk berbagi file yang di inginkan. Terlebih lagi, pemanfaatan hotspot bisa diklaim mempunyai kecepatan hingga 200x lipat dibanding mengirim file menggunakan Bluetooth.

Seperti yang disebutkan, pengiriman file menggunakan bluetooth bisa diterapkan apabila perangkat iPhone sudah melalui proses jailbreak. Akan tetapi, dalam hal ini akan memunculkan hal lain yang mungkin menjadi masalah dikemudian hari. Beberapa diantaranya ialah :

  • Terhentinya klaim garansi, jika ponsel iPhone masih terbilang baru dan asuransi yang disediakan masih berlaku.
  • Lebih rentan dari serangan virus karena sistem keamanan sudah tidak lagi serumit yang asli. Intinya para penyusup akan lebih mudah untuk membobol sistem keamanan pada perangkat.
  • Sistem akan lebih mudah rusak karena sudah melalui proses modifikasi, dalam hal ini juga terkait dengan masalah ketika hendak melakukan upgrade.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, meski terbilang sederhana, namun kami harap bisa membantu dan berguna bagi para pengguna yang membutuhkan.

LEAVE A REPLY