Cara Merawat Printer Canon MP287 Paling Mudah

Oleh:   Angga Septryadi Angga Septryadi   |   7:33 AM

Cara Merawat Printer Canon MP287 Paling Mudah

Cara Merawat Printer Canon MP287 Paling Mudah
Image/Google.com


Cara Merawat Printer Canon MP287 Paling Mudah - Cara Merawat Printer Canon MP287 ini sebenarnya sudah banyak beredar di internet. Namun sebagai tambahan koleksi pribadi, maka tidak ada salahnya jika kami rangkum kembali sehingga terlihat lebih fresh dan baru. Sehingga nantinya pengguna bisa mempunyai lebih banyak referensi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya printer Canon mempunyai kinerja yang baik jika dilakukan perawatan secara rutin. Tidak hanya pada mesinnya saja, namun terkait juga dengan penggunaan tinta, perawatan catridge, serta beberapa hal yang terkait. Maka dari itu, disini kami akan melampirkan beberapa tips dalam merawat printer Canon dengan type MP287 supaya lebih awet.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Tanam Ponsel Oppo

Melansir beberapa sumber, ada puluhan tips yang dikhususkan untuk merawat printer yang dimaksud. Akan tetapi, supaya lebih dipahami, disini kami merangkumnya dengan gaya berbeda. Sehingga pengguna tidak bingung, atau bisa langsung dengan cara mempraktekkan. Seperti apa dan bagaimana? Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan.
  1. Mengecek Ketersediaan Tinta
Seperti yang diketahui, tinta merupakan elemen paling penting dalam pencetakan suatu file. Sehingga jika sudah habis, maka bisa saja hal tersebut memicu adanya kerusakan pada catridge printer. Jadi usahakan lakukan pengecekan secara rutin serta isi ulang sesuai takaran yang tertera pada botol.
  1. Lindungi (Tutup) Printer Dengan Kain
Jika pengguna sadar, printer akan terganggu jika terdapat kotoran berupa debu yang mengganjal. Sehingga sangatlah penting melindungi printer tersebut dari debu atau kotoran lain. Khususnya ketika mesin tidak digunakan, maka akan lebih baik jika ditutup sehingga debu tidak bisa masuk.
  1. Menggunakan Tinta Isi Ulang Yang Asli
Mengisi ulang tinta memang perlu dilakukan secara rutin, sehingga tidak menimbulkan masalah khususnya kemasukan angin pada selang tinta. Dalam hal ini sangat dianjurkan untuk menggunakan tinta yang benar-benar cocok, sebab bisa saja tingkat kekentalan atau bahan kimia yang digunakan berbeda dengan yang asli. Lebih baik tanyakan pada penjual terkait jenis tinta yang cocok untuk printer yang dimaksud.
  1. Gunakan Printer Secara Rutin
Dikarenakan pernah bekerja di warnet, disini kami mempunyai pengalaman lebih tentang pencetakan dengan printer. Dalam hal ini akan sangat baik jika printer digunakan secara rutin, lebih tepatnya paling tidak printer harus menyala satu jam dalam sehari. Terlepas dari itu, usahakan mencetak file dengan porsi yang tidak berlebihan. Jika memang terpaksa, maka biarkan printer beristirahat sejenak.
  1. Mengatasi Error
Masalah error bisa terjadi pada jenis printer apa saja, namun pada Canon MP287, umumnya error yang muncul yakni lampu blink 4x, error E4, error E6, error E13, dan error E16. Dan untuk mengatasinya, cukup menekan tombol Resume/Reset selama kurang lebih 10 detik. Maka masalah tersebut sudah bisa teratasi.

Tampilkan Komentar