Cara Melindungi Smartphone Android Dari Virus

Oleh:   Angga Septryadi Angga Septryadi   |   1:59 AM

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Virus

 
Cara Melindungi Smartphone Android Dari Virus
image by Google.com

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Virus | Virus menjadi masalah tambahan bagi para pengguna android, pasalnya malware merugikan tersebut sangat mengganggu pada kinerja ponsel. Jadi butuh langkah khusus supaya smartphone kita terhindar dari serangan virus berbahaya tersebut.

Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa hal alternatif yang bisa diterapkan supaya ponsel aman dari serangan virus android. Beberapa diantaranya ialah harus pintar dalam menginstall aplikasi, update secara rutin, serta masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, disini kami hadir untuk memberikan solusi supaya masalah tersebut bisa dihindari.

Baca Juga :  5 HP Iphone Anti Air Yang Direkomendasikan

Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan agar ponsel android tidak terserang virus? Jawabannya sangat sederhana? Sudah penasaran? Berikut rangkuman yang sudah kami sadur dari berbagai sumber di internet.
  1. Install Aplikasi Dari Penyedia Terpercaya

Dikarenakan suatu kebutuhan, mungkin kita mencari aplikasi pihak ketiga guna memenuhi tuntutan tersebut. Akan tetapi, dalam hal ini kita dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih penyedia aplikasi yang dimaksud. Untuk yang menggunakan Android, sudah sepatutnya menginstall aplikasi dari Google Playstore yang sudah disaring sehingga sangat aman untuk digunakan.
  1. Update Sistem Secara Rutin

Bagi sebagian pengguna, sangat sering menonaktifkan fitur update otomatis. Padahal fitur tersebut sangat membantu dalam menambal kerentanan terkait dari serangan virus. Dan supaya ponsel benar-benar aman, maka ada baiknya jika melakukan update sistem jika memang sudah tersedia.
  1. Perhatikan Pengembang Aplikasi

Meski sudah canggih, tidak sedikit juga pengembang aplikasi nakal yang masih lolos dari play protect Google. Jadi cek terlebih dahulu pengembang sebelum menginstall aplikasi yang dimaksud. Tidak luput pula dengan melihat komentar yang terdapat pada aplikasi terkait.
  1. Pasang Anti Virus Pihak Ketiga

Sekarang ini banyak sekali aplikasi anti virus yang bisa di install melalui Google Play Store. Dengan tujuan keamanan, aplikasi ini mungkin akan sangat membantu. Namun jika dilihat dari segi kinerja ponsel, maka mungkin aplikasi tersebut hanya sebagai alternatif.
  1. Lebih Waspada Pada Saat Browsing Internet

Bagi orang awam, menjelajahi internet merupakan kesenangan tersendiri. Akan tetapi, dalam hal ini banyak pula situs yang berbuat nakal untuk mengelabui para korbannya. Jadi jangan sembarangan dalam mengklik link yang disediakan. Sebab bisa saja file yang kita unduh merupakan bentuk virus berbahaya bagi ponsel.
  1. Mereset Ponsel Pada Pengaturan Pabrik

Langkah ini memang terbilang mempunyai resiko, sebab semua file yang terdapat pada ponsel akan hilang. Jadi backup terlebih dahulu semua file penting sebelum menjalankan prosedur reset data pabrik. Selanjutnya bisa langsung di reset supaya virus yang membandel bisa ikut terhapus.
  1. Install Ulang Android

Tips ini tidak bisa diterapkan oleh semua orang, sebab membutuhkan alat serta program khusus. Jika OS ponsel masih ori (belum di root), seharusnya semua masalah sudah teratasi dengan reset factory. Akan tetapi jika sudah di root, maka akan lebih baik mengunjungi konter untuk dilakukan install ulang.

Tampilkan Komentar